Home » , , » Keluarga Bahagia, Budayakan Peluk Anak

Keluarga Bahagia, Budayakan Peluk Anak



Orang tua perlu membiasakan diri untuk memeluk anaknya dengan lembut, karena dapat merangsang keluarnya hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang pada anak serta mengurangi racun dari zat berbahaya di otak, sehingga dapat menambah ketenangan dan kebahagian pada anak.

Pelukan merupakan perwujudan kasih sayang berupa sentuhan fisik yang paling mudah dilakukan dan penting untuk dipenuhi.

Psikolog master trainer NLP Melly Puspita Sari yang juga penulis buku ’The Miracle of Hug’ mengatakan berikan pelukan kepada anak minimal delapan kali sehari untuk memberikan energi baru sehingga anak bisa beraktivitas serta mengoptimalkan potensinya. 

"Pelukan memberikan kedekatan dan kekuatan getaran batin antara orang tua dan anak,” kata Melly pada acara kampanye Berbagi pelukan melalui kelembutan Molto Ultra Pure di Restoran Piscator Seafood Buffet, Gandaria City, Jumat sore (18/10/2013).

Manfaat pelukan, katanya, tidak mengenal usia, kehangatannya dapat dirasakan sejak seseorang dilahirkan hingga beranjak dewasa. 

Beberapa penelitian klinis dan psikologis akan pentingnya sebuah pelukan telah dilakukan, antara lain; pelukan antara orangtua dan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak, juga merangsang keluarnya hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang pada anak serta mengurangi racun dari zat berbahaya di otak.

Selain itu,  pelukan lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang karena membuat anak merasa dicintai dan dihargai, pelukan berdampak positif pada perkembangan dan IQ anak-anak.

”Perlu juga diketahui bahwa sebuah pelukan yang penuh kelembutan merupakan salah satu cara yang dapat membantu menyelesaikan masalah, terutama pada anak yang berperilaku unik. Pelukan juga penting karena orang yang biasa dipeluk cenderung mudah untuk memunculkan rasa kasih sayang terhadap sesama. Maka dari itu, jangan segan-segan untuk memulai kebiasaan pelukan sejak dini,” kata Melly.

Pengaruh pelukan bapak dan ibu terhadap anak hasil berbeda. Kalau pelukan ayah terhadap anak, katanya, akan menyalurkan sifat pahlawan, sedangkan pelukan ibu terhadap anak akan menyalurkan sifat empati.

sumber http://m.bisnis.com/lifestyle/read/20131019/236/181812/keluarga-bahagia-budayakan-peluk-anak
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Media Jelajah Online

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan isikan komentar Anda untuk kemajuan Blog ini. Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan Copy Paste Artikel ini jika dianggap bermanfaat, tetapi dengan menyertakan Link Sumbernya (link hidup).

 
Support : Media Jelajah Online | DhifaOutlet | KiosTravel
Copyright © 2013. Media Jelajah Online - All Rights Reserved
Template Modify by Hafidz Ma'mun
Proudly powered by Blogger